FASILITAS PENDIDIKAN

LABORATORIUM KOMPUTASI (LABKOM)

 

Laboratorium Komputasi (Labkom) Departemen Radiologi dibuat pada tahun 2006 untuk menunjang kepentingan pendidikan dokter spesialis radiologi. Fasilitas yang tersedia berupa 1 buah server utama dengan spesifikasi yang tinggi, 15 unit personal computer (PC), koneksi internet berkecepatan tinggi, serta fasilitas intranet, burning data, scanning & printing, dll.

Sejak tahun 2006 fasilitas Labkom digunakan untuk proyek pembuatan soal ujian nasional BPNRI, yang kemudian mengalami revisi pada tahun 2007. Hingga sekarang fasilitas ini masih tetap digunakan untuk kegiatan ujian per semester, baik ujian tingkat akhir maupun ujian kenaikan tingkat PPDS. Disamping itu kegiatan pelatihan ujian (coaching) dan juga ujian nasional radiologi sendiri sering kali menggunakan fasilitas ini.

Diluar kegiatan ujian, fasilitas ini juga terbuka bagi seluruh PPDS untuk menunjang kegiatan pendidikannya. Terdapat kemudahan akses internet kecepatan tinggi yang dapat membantu PPDS dalam melakukan studi literatur, penelusuran jurnal-jurnal ilmiah, maupun untuk kegiatan korespondensi ilmiah dengan staf pengajar maupun dalam rangka simposium/seminar ilmiah. PPDS juga dapat memanfaatkan fasilitas komputer untuk pembuatan makalah/tesis serta pembuatan slide presentasi ilmiah sepanjang masa studi. 

Sejalan dengan perkembangan teknologi, perangkat tersebut mengalami beberapa kali pemutakhiran (upgrade) spesifikasi. Hingga kini fasilitas yang ada telah memungkinkan untuk video Conference jarak jauh maupun akses database radiografi digital. Dengan terinstalasinya sistem komputasi radiologi yang terintegrasi dengan pelayanan (PACS), sejak tahun 2012 fasilitas ini terhubung langsung dengan server PACS tersebut sehingga memudahkan PPDS dalam kegiatan pembelajaran dan studi kasus nyata (real) yang terkait dengan pelayanan radiologi sehari-hari.

PERPUSTAKAAN

Fasilitas ini sangat berperan dalam menunjang kegiatan pendidikan, penelitian maupun pelayanan radiologi. Perpustakaan Radiologi telah berdiri sejak tahun 1979 dengan koleksi yang sangat bervariasi, dan saat ini terdapat sekitar 300 judul buku teks, jurnal kedokteran serta tesis penelitian. Perpustakaan ini juga melayani mahasiswa kedokteran S1, dokter radiologi dari institusi lain, maupun dokter-dokter spesialis dari berbagai departemen. Waktu buka setiap hari kerja pk.08.00-15.00.

PACS (Picture Archiving and Communication System)

PACS atau Sistem pengarsipan dan komunikasi gambar merupakan teknologi yang menyediakan penyimpanan, akses yg mudah dan pelaporan dari gambar hasil pencitraan medis dari berbagai modalitas. Sistem PACS memiliki kemampuan untuk memberikan akses tepat waktu dan efisien terhadap gambar, interpretasi, dan data terkait, sistem ini mengurangi hambatan fisik dan waktu yang terkait dengan pengambilan citra, distribusi, dan tampilan berbasis film tradisional. Fasilitas ini berperan untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian maupun pelayanan radiologi. Sistem PACS di Departemen Radiologi terpasang sejak tahun 2012 hingga saat ini, sistem PACS juga telah terkoneksi dengan sistem manajemen Rumah Sakit, sehingga memudahkan staf medik maupun peserta didik dalam memperoleh data klinis pasien secara menyeluruh

  • jci.png
  • kars.png
028065
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Semua hari
39
36
39
27635
1086
1690
28065

IP Anda: 3.84.182.112
21-04-2019 23:05
© 2018 Radiologi RSCM. All Rights Reserved.